Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah, umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.Kegiatan dari ekstrakurikuler ini sendiri dapat berbentuk kegiatan pada seni, olahraga, pengembangan kepribadian dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri.

Metode ekstrakulikuler yang diterapkan di SMA IT-TQ  Ihya As Sunnah adalah mikro organisasi, dimana santri menjadi ujung tombak kegiatan. Mereka merancang dan menjalankan kegiatan sesuai minat bakatnya dibimbing oleh pembinanya masing-masing-masing. Dengan mengikuti ekstra kurikuler, santri diharapkan memiliki life skill untuk kehidupannya mendatang.


Beragam  ekstrakulikuler   yang ada di SMA IT-TQ  ihya as sunnah:

1.    Jurnalistik dan Broadcast IPMI (Ikatan Penulis Muda Islam)
Eh sobat tulis menulis itu sebuah hobi yang asyik loh, terlebih kegiatan itu bersandarkan kepada Al Quran dan As Sunnah. Di dunia aja bisa sukses sebagaimana pepatah berkata : Reach the world with the words (raih kesuksesan di dunia melalui kata-kata) dan semoga dengan kegiatan seperti ini juga menjadikan sukses di akhirat. IPMI  berada di bawah bimbingan  Ust. Nizar Makhyuzar S.s dan  Ust. Ramdhana Lc.Pada periode sekarang 2015-2016, IPMI diketuai oleh Ramdani.Meskipun baru dibentuk, ternyata ekskul ini sudah punya segudang kegiatan lho.Diantara kegiatan rutinnya adalah pembuatan majalah, buletin dan mading.Beberapa bulan yang lalu, IPMI juga sempat melakukan study kemenejemenan  ke berbagai instansi, seperti: Elfata (Sukoharjo), SMAN 1 Teladan (Yogyakarta), UGM dll.

2.    Pencak silat Tapak suci as sunnah  (TS AS)
Salah satu yang wajib di miliki adalah kemampuan menjaga diri, tapi bagaimanakah kita bisa menjaga diri??? Yups,  salah satunya dengan mengikuti kegiatan pencak  silat Tapak Suci. Sobat, SMA IT-TQ Ihya As Sunnah mewajibkan siswanya yang duduk dikelas 11 dan 12 untuk mengikuti kegiatan beladiri daiantaranya ya TS AS. Meskipun baru setahunan berdiri, Alhamdulillah sudah ada beberapa prestasi yang diraih, antara lain: mendapatkan 1 medali emas ,3 medali perak , 6 medali perunggu pada PORKOT 2015. Pada O2SN tingkat kota tahun 2016 TS AS menyabet juara 2 di kelas D (lumayan….). Eskul ini dibimbing oleh Ust. Barkah Lc dan Bpk. Asep Azwar. Dan diketuai olehTsany Ahmad Mudzaki.
3.    Elektro dan Otomotif
Sebuah eskul yang memperdalam kepada komponen mesin, yaitu mengenai cara kerja mesin.’Menjadi generasi islam yang intelektual’ Itulah tujuan dari eskul ini ujar ketua eskul, M Nukman. Adapun kegiatan yang dilakoni adalah mempelajari kerja mesindan alhamdulillah mereka telah mampu membuat charger untuk aki mobil.  “Banyak wawasan ilmu kelistrikan yang kami dapat” tukas anggota eskul tatkala di minta pendapat nya. Eskul ini dibimbing  bpk Agus Setiawan, guru Fisika.

4.    Pengelasan
Mendengar kata mengelas itu pasti identik dengan kata ngelas (ya iya lah).Tapi tunggu dulu kawan ternyata gak sejelek prasangka kita kok, banyak manfaatnya loh  dari eskul ini. Sebagaimana yang di utarakan  sang ketua, Aushof Aurel  “Alhamdulillah dengan saya bergabung di eskul ini bisa membuat karya berupa jemuran.” Sambil tersenyum bangga akan hasil karyanya.

5.    Kuliner
Siapa sih yang nggak doyan makan? Semua manusia pasti membutuhkan makan. Namun, dengan makanan yang lezat dan sehat tentunya akanbanyak peminatnya. Tak terlewat di SMAIT-TQ Ihya As Sunah ini, ada riungan yang suka membuat  makanan lezat dan sehat. Tidak hanya itu, bahkan mereka menjajalkan hasil karyanya kepada orang lain supaya merasakan lezatnya makanan mereka dan dapat keuntungan (belajar wira usaha he..he…he). Eskul ini dikelola dibawah bimbingan  Ust. Kusnaedi danGhulam. Mereka mempunyai motto, “Dari kita untuk kita” kata sang ketua, Yusuf Febian.

6.    Club Voli Ball
Prittt, pritt, prittt, itu lah suara akhir dari permainan. Dan akhirnya ada yang menang dari pertandingan tersebut. Tapi, suatu yang wajar kan ada yang menang dan kalah itu kan  namanya juga permainan. Kira-kira sobat tahu gak game apa yang di maksud?? Yups, jawabannya adalah game voli. Kok bisa tahu?? Ya, karena sesuai dengan judul ke enam yaitu club voli ball. Sebuah eskul yang dibimbing oleh kak Ramdhani. Adapun kepala sukunya Asep Saepul. Kegiatan yang biasa mereka lakukan adalah latihan fisik, teknik/teori, praktek dan lain-lain. Eskul ini baru dibentuk pada tahun ini di SMAIT-TQ Ihya As Assunnah.

7.    Futsal
Ini nih salah satu cabang olahraga yang banyak peminatnya di SMAIT-TQ Ihya As Sunnah. Kok bisa? Ya iya lah....selain seru, jenis olah raga ini terbilang murah. Modalnya cukup dengan bola, ngumpulin temen...langsung main deh meski kaki nyeker. Eskul ini dibimbing bpk. Asep Rendra, guru olah raga kita. Seminggu 2 kali, Ahmad Fuadi selaku ketua eskul mengkoordinir teman-temannya untuk latihan. Biasanya latihan yang dilakukan berupa latihan fisik, strategi dan tentu saja main futsal. Menurut desas desus mereka akan mengikuti O2SN. “Semoga berhasil kawan, bawa gelar juara bagi kami!!” celoteh salah seorang santri.

8.    The SEAL (The Student of English as a Second Language)
Wah, jago Bahasa Inggris? Siapa sih yang ga mau! Apalagi kalau misalnya Bahasa Inggris yang kamu kuasai bisa bermanfaat dalam menyebarkan dakwah Islam. Bayangkan saja, kamu bisa berkeliling dunia untuk menyebarkan dakwah Islam menggunakan Bahasa Inggris, ditambah pahala yang bakal didapatkan dalam menyebarkan dakwah Islam. Its so amazing, guys!

Nah, dalam The SEAL ini, kamu bisa mewujudkan mimpi kamu tersebut di sini! Eskul yang langsung dibimbing oleh orang yang mahir berbahasa Inggris, Mr. Widji Mulyadi dan diketuai oleh Fatahillah ini, kamu bisa belajar materi dan mempraktekkannya dalam pertemuan yang diadakan dua minggu sekali. Tentu saja metode dan cara pembelajaran nya lebih menarik dan seru dari biasanya.
.

9.    Syafied
Eskul yang diwajibkan untuk kelas 10 ini merupakan salah satu eskul yang sangat bermanfaat bagi diri sendiri dan juga masyarakat sekitar. Bagaimana tidak, dengan adanya eskul ini, kita dituntut untuk menjadi seorang yang ringan tangan dalam membantu sesama. Dan juga tentunya membuat kita menjadi seorang yang berakhlak mulia, intelek dan juga aktif.

Dalam eskul ini, kita melakukan banyak kegiatan. Antara lain baris berbaris, pelatihan kepemimpinan, tali-temali, pemetaan dan segudang materi kepramukaan lainnya. Beberapa minggu yang lalu, Syafid dilibatkan dalam kegiatan relawan Garut. “Ini pengalaman yang sangat bermanfaat dan berkesan” kata salah seorang anggota Syafid. Adapun prestasi jangan ditanya (he...he..), masih sedikit sih tapi cukup membanggakan. Diantaranya membahagiakan warga kampung Buligir, Singaparna dengan mengadakan Baksos dan pembuatan WC umum (ehem...ehem).

Eskul ini dibimbing oleh Ustadz Robby dan Bapak Muhammad Ridwan. Adapun ketuanya Muhammad Rizky Al Kahfi.

10.    Perikanan
Mengeluarkan modal seminimal mungkin dan mendapatkan hasil semaksimal mungkin, itu lah yang diharapkan pedagang. Sama halnya dengan eskul perikanan, merawat ikan dari kecil dengan harga yang murah dan menjualnya kembali tatkala ikan tumbuh besar dengan harga yang mahal.

Eskul yang dibina oleh Rahmat Pujati ini mempunyai beberapa kegiatan yang dilakukan pada jam eskul, diantaranya membersihkan rumput, membuat pagar, menguras air, dan memberi makan ikan. Namun, eskul ini juga biasa dilakukan di luar waktu eskul, baik pagi maupun sore hari.

Ketua eskul perikanan, Muhammad Nur Siddiq mengatakan bahwa merawat ikan tidak semudah yang dibayangkan. Perlu ketekunan dalam merawatnya, kalau tidak, ikan ikan tersebut bisa mati.

11.    Tumbuhan
Indonesia adalah salah satu Negara yang mempunyai  sumber alam yang tinggi, namun sayang pengolahan manusia yang kurang menyebabkan habisnya sumber alam tersebut. Nah, apa hubungannya dengan eksrtakurikuler tumbuhan?? Hubungannya adalah kegiatan yang dilakukan oleh eskul tumbuhan merupakan pelestarian sumber daya alam nabati, seperti belajar menanam sayuran dan membudidayakannya, mempelajari pupuk yang ramah lingkungan, mempelajari bahan yang bisa merawat tumbuhan tanpa menggunakan bahan yang menimbulkan efek samping, dan lain-lain.

Eskul ini dikelola oleh Ipan Hernawan sebagai pembina eskul tanaman.  Dan diketua oleh ibnu sina kusuma, sekretaris oleh ihasan, dan bendahara oleh isan.

12.    Thifan po khan
Sebuah beladiri yang banyak di ikuti siswa SMAIT-TQ Ihya As Sunnah, karena menarik dan  ramah dikalangan siswa. Beladiri ini mungkin asing terdengar di telinga kita, yah mungkin karena beladiri ini tidak terang terangan untuk ditampilkan. Sekilas beladiri ini mirip dengan kungfu. Namun, beladiri ini sudah dimurnikan dari ritual-ritual yang dilarang dalam agama Islam.

Dilatih oleh seorang pendekar: ust. Abu Salman dan di bantu oleh murid-muridnya.

13.    Tahfidzul Quran
Pernah terbanyang tidak di benak pikiran kita tentang hafal alqura’n 30 juz?? Kayaknya kita pesimis akan hafal 30 juz, jangan kan 30 juz. Juz a’mma saja gak hafal apalagi 30 juz, Eh tapi tunggu dulu kawan bukan kah banyak fahala lyang bisa kita raih dengan hafal alquran bahkan orang yang hafal alquran dijadikan mulia loh di kalangan manusia. Oleh sebab itu, siswa SMAIT-TQ Ihya As Sunnah lebih giat dalam menghafal alquran. Disamping jadwal  yang telah di tentukan mereka membuat jadwal tambahan  dengan membentuk eskul tahfidzul quran. Tidak hanya hafalan yang mereka kokohkan, namun dari segi bacaan juga mereka perbaiki supaya sama dengan bacaan alhi qiroah yang bersambung dengan Nabi Sholallohu a’laihi wasallam.

14.    Sains Club
Hidup kita tidak akan terlepas dengan yang namanya sains. Contohnya saja oksigen yang kita hirup sepanjang waktu. Pasti sudah pada tau kan, kalau oksigen merupakan hasil dari fotosintesis. Nah, fotosintesis termasuk dalam kegiatan sains, yaitu biologi dan kimia.

Masih banyak lagi loh yang berkaitan dengan sains dalam kehidupan sehari hari kita. Nah dalam eskul yang dibimbing oleh Ustadz Adi Ryan Hidayat ini, kita bakal belajar lebih banyak apa aja yang berkaitan dengan sains. Baik itu biologi, kimia, fisika dan lain lain. Tidak hanya itu, dengan adanya eskul ini, kita dapat lebih siap menghadapi soal soal mengenai sains.