Tak Punya Lahan Bukan Halangan Untuk Bertanam

Tasikmalaya, 03 Juni 2017

Bercocok tanam bukan lagi hal rumit sekalipun di lahan yang sempit. Dengan kemajuan teknologi, kini kita bisa bertanam dengan cara yang lebih efisien. Yaitu dengan sistem hidroponik yang menggunakan air sebagai media tanamnya. Karena sistem hidroponik bisa disusun bertingkat, tentunya akan membuat lebih efisien dalam prihal lahan. Nilai efisiensinya pun tidak hanya di lahan, tapi juga dari sisi waktu dan tenaga.

Mahad kami pun memiliki kendala dalam bertani berupa keterbatasan lahan. Didorong dengan rasa antusiasme para anggota ekskul tanaman yang ingin tetap menanam, ahirnya sekolah memfasilitasi para santrinya untuk bertanam dengan sistem hidroponik. Melihat dari pondok pesantren Riyadlul Ulum Waddawah yang berada di daerah Condong, Tasikmalaya. Sebuah pesantren yang sudah cukup maju dibidang penghijauanya termasuk dalam pertanian. Santri kami pun belajar dari pesantren tersebut. Tentunya kami sangat berterimakasih terutama kepada salah satu guru di pesantren tersebut. Yaitu Bapak Zenal yang sudah berkenan memberikan ilmunya kepada santri santri kami, dan juga membimbimbing mereka dalam mempraktekan ilmu hidroponik ini. 

Akhirnya, anak anak ekskul tanaman putri Mahad Ihya As sunnah mulai mencoba bertanam selada dengan media tanam hidroponik pada bulan April lalu. Dan di hari ke 36 dari sejak bibitnya disemai, selada yang mereka tanam sudah siap dipanen untuk dikonsumsi. Padahal jika ditanam di tanah, biasanya selada baru bisa dipanen di umur 40 - 50 hari (sejak bibit disemai).

Selain itu, menurut para anggota ekskul tanamannya sendiri, mereka sangat merasakan bahwa menanam dengan sistem hidroponik juga lebih efisien tenaga. Karena tidak perlu menyiram setiap hari.

Sayangnya, hidroponik ini masih menggunakan pupuk kimia A B mix (nama pupuk cair khusus hidroponik) belum menggunakan pupuk organik. Padahal sejak awal, ekskul tanaman putri SMA IT TQ Ihya As sunnah yang mulai diadakan pada tahun 2015. Selalu mengajarkan para santrinya untuk bertani secara organik agar lebih ramah lingkungan.

Semoga ekskul tanaman putri SMA IT TQ Ihya As sunnah ini selanjutnya bisa menanam dengan sistem hidroponik organik. InsyaAllah (AM)


485 Pembaca    |    0 Komentator
Share :
Tag : Tasikmalaya, Hidroponik, Mahad ihya as sunnah, solusi lahan sempit,

Kirim Pesan Anda