Pelatihan Dasar Kepemimpinan MIAS 2018

Organisasi merupakan suatu kegiatan positif yang tidak luput dari anak muda. Bahkan, sampai tua pun organisasi adalah hal penting yang wajib dilakukan demi mewujudkan suatu tujuan yang sama. Salah satu tujuan didirikannya Mahad Ihya As Sunnah yakni menjadikan kader-kader pendakwah yang bisa ber-public speaking didepan khalayak ramai. Salah satu caranya yakni  dengan diadakannya sebuah organisasi yang dengannya secara langsung maupun tidak langsung melatih para anggotanya untuk berani tampil didepan banyak orang. 
Organisasi Santri MIAS Putri (OSMAISTRI) merupakan suatu organisasi yang wajib diikuti oleh santri mahad ini, terutama ketika menginjak kelas 11. Namun, tidak sembarang berorganisasi mahad ini memilik sebuah program yaitu PLDK. PLDK merupakan singkatan dari Pelatihan Dasar Kepemimpinan. PLDK adalah suatu kegiatan untuk menyiapkan calon-calon pemimpin Mahad Ihya As Sunnah yang diikuti oleh santriwati kelas 11. Diantara tugas mereka yaitu mengatur kegiatan sehari-hari santri. Dalam kegiatan PLDK mereka dilatih menjadi pribadi yang disiplin, mandiri, dan bertanggung jawab.
Untuk PLDK tahun ini, bertemakan tauhid dan berjudul  عش كريماباالعلم والادبkegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 7-10 November 2018 ini memiliki sebuah harapan untuk menjadikan calon-calon pemimpin yang berlandaskan tauhid yang satu, berakhlaq mulia, dan juga beradab. Imam Darul Hijrah,Imam Malik Rahimahullah penah berkata pada seorang pemuda quraisy :
تعلم الادب قبل أن تتعلم العلم
Pelajarilah adab sebelum mempelajari suati ilmu
Terakhir kegiatan PLDK juga diadakan dengan program karangtina. Dimana mereka dituntut untuk tidak tingal di asrama dan berkomunikasi dengan santri lain selama kurang lebih 4 hari demi menjaga kefokusan dan kedisiplinan mereka selama mengikuti acara PLDK tersebut.

-Red (HF-MK)